Life is once and it goes on

24.6.14

Buku Buku Buku

Kemarin saya pulang ke rumah lama untuk mengambil beberapa barang. Kami memang belum 100% pindah rumah. Sebagian besar barang masih ada di rumah lama. Jadi ya kami mulai nyicil mengangkut barang yang bisa dibonceng motor.

Ada sekitar 2 rak buku yang ada di sana. Kemarin sudah mulai saya ikat dengan tali rafia agar mudah saat membawanya. Saya terdiam lama di depan rak buku. Bukan karena banyaknya buku (sebetulnya tidak terlalu banyak, tapi mungkin untuk ukuran saya buku sekian itu sudah terasa banyak) Tapi buku buku itu belum saya baca semua.

Selama kuliah saya hobi betul membeli buku. Rakus sekali membeli buku tapi tidak semua sempat terbaca bahkan ada yang belum dibaca sama sekali. Yang saya lebih sedih lagi adalah ternyata buku buku yang tersisa di rumah saya ternyata bukan buku favorit saya. Buku buku yang justru saya anggap bagus sudah tidak diketahui lagi keberadaannya. Saya ingat dulu saya sering sekali meminjamkannya kepada teman teman. Saya senang dong kalau teman saya hobi membaca. Tapi nyatanya buku buku bagus malah tidak pernah kembali. :(

Duh gimana ya? Buku itu barang yang sulit di Indonesia. Biasanya setelah dicetak sekian ribu eksemplar, maka akan dipajang di toko buku. Setelah habis ya sudah, tidak dicetak lagi. Kecuali bila memang buku itu banyak peminatnya. Biasanya penerbit akan mencetak kembali bahkan sampai beberapa kali naik cetak.

Ah, repotnya justru buku bagus biasanya tidak laku. Masyarakat Indonesia lebih senang dengan apa apa yang ‘ringan’ dan ‘populer’. Sulit sekali mencari buku buku yang segmennya di luar kategori ‘ringan’ dan ‘populer’

Setelah ini barangkali (bila sempat) saya akan mulai menghubungi teman teman yang dulu meminjam buku saya. Ya tidak dengan gaya menodong tapi lebih melas “rek, kamu ingat bukuku ini gak, kok gak ada ya di rakku, kira kira siapa yang pinjam ya?”


Dan setelah ini juga, bila saya mempunyai buku bagus, saya tidak akan ‘gila’ untuk meminjamkan buku kepada orang lain. Karena sesuai pengalaman saya toh kebanyakan teman teman saya tidak serius ingin membaca. Buku buku hanya mereka pinjam, tidak mereka baca (biasanya saya tanya progress membacanya setelah beberapa hari kemudian) tapi tidak juga dikembalikan. Benar kata orang “Orang bodoh adalah orang yang meminjamkan bukunya kepada orang lain, dan orang yang paling bodoh adalah mengembalikan buku yang sudah dipinjamnya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar